metode NHT

REVISI MAKALAH
METODOLOGO PEMBELAJARAN PAI III
(Metode Numbered Heads Togethar)

Oleh :
NADIRAH : 1001011371
HASNIATI : 1001011364
ANITA IRFAN : 1001011512
WAHIDAH : 1001011396
MARDIANAH : 1001011387
SADDIAH : 1001011374
MARIANI : 1001011377
NURFADILLAH :1001011375

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI
T.A 2012-2013
KATA PENGANTAR

Bismallahirrahmanirrahim
Puji syukur kehadirat Allah swt atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga sampai saat ini kami dapat menyelesaikan tugas makalah sesuai dengan waktu yang telah di tentukan.
Dalam penyusunan makalah ini tidak sedikit pun rintangan yang kami hadapi, tetapi kami dapat menyelesaikannya dengan baik. Adapun judul yang kami bahas dalam makalah ini yaitu tentang “METODE NUMBERED HEADS TOGETHER” sebagai pengembangan dari mata kuliah METODOLOGI PEMBELAJARAN PAI III
Kami menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan dan kesalahan. Olehnya itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca, untuk perbaikan makalah kami kedepannya. Semoga makalah ini memberi manfaat bagi kita semua.

SINJAI 01,DES,2012

Kelompok SATU

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR …………………………………………………………………….. i
DAFTAR ISI …………………………………………………………………………………ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah………………………………………………………. 1
B. Rumusan Masalah………………………………………………………………. 2
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Metode Numbered Heads Together ………………………….. 3
B. Langkah Langkah Metode Numbered Heads Together …………………. 3
C. Kelebihan dan Kelemahan Metode Numbered Heads Togethe………… 4
D. Cara mengatasi metode Numbered Heads Together ……………………. 5
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan ………………………………………………………………………. 6
B. Kritik dan Saran …………………………………………………………………. 7
DAFTAR PUSTAKA

ii

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan salah satu faktor penunjang yang sangat penting bagi perkembangan peradaban manusia dalam suatu bangsa. Bangsa yang mempunyai peradaban maju adalah bangsa yang mempunyai sumber daya manusia yang berkualitas. Oleh karena itu, agar bangsa Indonesia saat ini memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, tentunya harus dilakukan suatu usaha untuk meningkatkan mutu atau kualitas pendidikan. Salah satu diantaranya melakukan evaluasi kualitas sistem pendidikan secara menyeluruh.
Perbaikan pendidikan antara lain ditempuh melalui perbaikan model pembelajaran yang digunakan guru. Penggunaan model pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses belajar mengajar. Kenyataan di lapangan banyak dijumpai gaya mengajar yang kurang bervariasi dan belum memanfaatkan kemampuan secara maksimal. Guru kurang memperhatikan bahwa penggunan metode yang kurang tepat dapat menyebabkan proses belajar mengajar yang dilaksanakan menjadi tidak efektif dan kurang optimal. Banyaknya model yang ada, seorang guru dituntut dapat memilih model yang tepat untuk mengajarkan suatu pokok bahasan tertentu, karena sebenarnya tidak ada model pembelajaran yang paling baik, setiap model memiliki spesifikasi masing-masing. Suatu model pembelajaran tertentu mungkin efektif jika digunakan untuk mengajarkan topik tertentu, bukan berarti model itu efektif juga digunakan untuk menyampaikan topik lain.
B. Rumusan Masalah
1. Pengertian Metode numbered heads together
2. Bagaimana langkah-langkah penggunaan metode numbered heads together
3. kelemahan dan keuntungan metode numbered heads together
4. bagaimana cara mengatasi kelemahan metode numbered heads together

C. Tujan masalah
1. Untuk mengetahui Pengertian Metode numbered heads together
2.Mengetahui Bagaimana langkah-langkah penggunaan metode numbered heads together
3.Mengetahui kelemahan dan keuntungan metode numbered heads together
4.Mengetahui cara mengatasi kelemahan metode numbered heads together

BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Metode Numbered Head Together
Numbered Heads Together adalah metode pembelajaran yang menuntut keseriusan siswa dalam belajar. Karena pada pelaksanaanya guru akan melakukan evaluasi secara acak pada siswa dengan memilih nomor yang telah diberikan sebelumnya.Pembelajaran kooperatif tipe NHT merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik. Tipe ini dikembangkan oleh Kagen dalam Ibrahim (2000: 28) dengan melibatkan para siswa dalam menelaah bahan yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut. Meskipun memiliki banyak persamaan dengan pendekatan yang lain, namun pendekatan ini memberikan penekanan pada penggunaan struktur tertentu yang dirancang untuk mempengaruhi pola perilaku siswa. NHT adalah suatu pendekatan yang dikembangkan untuk melibatkan lebih banyak siswa dalam menelaah materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan memastikan pemahaman mereka terhadap isi pelajaran tersebut sebagai gantinya mengajukan pertanyaan kepada seluruh siswa (Ibrahim, 2000:28).
B. Langkah-langkah metode numbered heads together:
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
2. Semua siswa diberikan nomor yang berbeda.
3. Guru membagikan tugas kepada masing-masing kelompok.
4. Siswa bekerjasama di dalam kelompok menyelesaikan tugas yang diberikan.
5. Setelah diskusi selesai guru memanggil secara acak nomor yang diberikan
6. Siswa yang terpilih bertugas memaparkan hasil diskusi kelompoknya.
7. Guru mempersilahkan siswa lain untuk menyampaikan tanggapannya mengenai hasil diskusi yang disampaikan.
8. Guru memanggil nomor lain dan begitu seterusnya.
9. Kesimpulan.
C. Kelebihan dan Kekurangan metode numbered heads together:
Ada beberapa manfaat atau kelebihan pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap siswa yang hasil belajar rendah yang dikemukakan oleh Lundgren dalam Ibrahim (2000: 18), antara lain adalah :
1. Rasa harga diri menjadi lebih tinggi
2. Memperbaiki kehadiran
3. Penerimaan terhadap individu menjadi lebih besar
4. Perilaku mengganggu menjadi lebih kecil
5. Konflik antara pribadi berkurang
6. Pemahaman yang lebih mendalam
7. Meningkatkan kebaikan budi, kepekaan dan toleransi
8. Hasil belajar lebih tinggi
9. Nilai-nilai kerja sama antar siswa lebih teruji
10. Kreatifitas siswa termotivasi dan wawasan siswa berkembang, karena mereka harus mencai informasi dari berbagai sumber.
Adapun Kekurangan metode numbered heads together adalah, Setiap model dan metode yang kita pilih, tentu memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri-sendiri. Salah satu kekurangan dari metode ini ialah kelas cenderung jadi ramai, dan jika guru tidak dapat mengkondisikan dengan baik, keramaian itu dapat menjadi tidak terkendali. Apalagi jika yang kita hadapi siswa setingkat SMP. Sehingga mengganggu proses belajar mengajar, tidak hanya di kelas sendiri, tetapi bisa juga mengganggu ke kelas lain. Terutama untuk kelas-kelas dengan jumlah murid yang lebih dari 35 orang.Tidak semua nomor dipanggil oleh guru.danBagi siswa yang tidak terpanggil akan menjadi jenuh dan cenderung kembali pasif.
D. Cara mengatasi Kelemahan Metode Numbered Heads Together
Setiap model memiliki spesifikasi masing-masing.suatu model pembelajaran tertentu efektif jika digunakan untuk mengajarkan metode tertentu,bukan berarti model itu efektif untuk menyampaikan topik yang laino,oleh karena itu metode ini janganlah terlalu sering digunakan pada kapasitas peserta didik yang sangat banyak

BAB II
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dalam kemajuannya sistem pendidikan yang ada kita tidak bisa lagi mempertahankan paradigm lama yaitu guru merupakan pusat kegiatan belajar mengajar di kelas ( teacher center ), perlu adanya metode pembelajaran baru yang dapat meningkatkan aktivitas siswa di kelas. Pembelajaran kooperatif tipe NHT merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan akademik. . Para siswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil dan diarahkan untuk mempelajari materi pelajaran yang telah ditentukan. Tujuan dibentuknya kelompok kooperatif adalah untuk memberikan kesempatan kepada siswa agar dapat terlibat secara aktif dalam proses berpikir dan dalam kegiatan-kegiatan belajar. Dalam hal ini sebagian besar aktifitas pembelajaran berpusat pada siswa, yakni mempelajari materi pelajaran serta berdiskusi untuk memecahkan masalah.Dengan adanya metode NHT maka dapat meningkatkan nilai-nilai kerja sama antar siswa lebih teruji, kreatifitas siswa termotivasi dan wawasan siswa berkembang, karena mereka harus mencai informasi dari berbagai sumber.
B. Kritik dan Saran.
Penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penulisan dalam makalah ini oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari kalangan pembaca demi perbaikan penulisan makalah kami selanjutnya

DAFTAR PUSTAKA

Stiebanten.Blogspot.Com/2011/6 Pengertian arti metode demonstrasi.html
Rumah desa koe/ Blogspot.com?2011/05 model pembelajaran numbered heads together.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s